salju

animasi

Minggu, 22 April 2012

Pembelajaran Jarak Jauh


A.     Pendahuluan
Guru dapat memanfaatkan teknologi dan media untuk meningkatkan belajar siswa. Video dapat diproduksi oleh siswa atau guru. Pada awalnya video dengan konsep televisi penyiaran, tetapi konsep itu sudah meluas secara darmatis dalam 60 tahun terakhir. Format media elektronik yang menggunakan gambar bergerak untuk menyajikan sebuah pesan bisa dianggap sebuah video. Dalam buku ini kita menggunakan istialah video untuk merujuk pada penyimpanan elektronik dari gambar bergerak.

B.     Video dalam ruang kelas
Menurut Nugent (2005), banyak guru menggunakan video untuk memperkenalkan sebuah topik, menyajikan konten, menyediakan perbaikan, dan meningkatkan pengayaan. Segmen-segmen video bisa digunakan diseluruh lingkungan pengajaran dengan kelas, kelompok kecil dan siswa-siswa perorangan.
Video tersedia untuk semua jenis pengajaran di seluruh ranah pengajaran, kognitif, afektif, kemampuan motorik, interpersonal. Mereka bisa membawa pemelajar hampir ke mana saja memperluas minat siswa melampaui dinding ruang kelas. Benda-benda yang terlalu besar untuk dibawa ke dalam ruang kelas bisa dipelajari begitu pula dengan benda-benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Peristiwa yang terlalu berbahaya untuk diamati, seperti gerhana matahari. Waktu dan biaya dari kunjungan lapangan dapat dihindari
1.      Ranah kognitif
Dalam ranah kognitif para pemelajar menagamati reka ulang dramatis dari kejadian bersejarah dan perekaman aktual dari kejadian yang telah berlalu. Warna, suara, dan gerakan mampu menghidupkan kepribadian. Video bisa membantu buku cetak dengan memperlihatkan proses, hubungan dan teknik. Para siswa bisa membaca buku bersama dengan menonton video.
2.      Ranah afektif
Model peran dan pesan dramatis pada video bisa mempengaruhi sikap. Karena potensinya yang besar untuk dampak emosional, video bisa bermanfaat dalam membentuk sikap personal dan sosial. Pemahaman budaya bisa dikembangkan dengan menonton video yang menggambarkan orang-orang dari seluruh dunia.
3.      Ranah kemampuan motorik
Video sangat hebat untuk menampilkan bagaimana sesuatu bekerja. Pertunjukan kemampuan motorik bisa dengan mudah dilihat melalui media ketimbang dalam kehidupan nyata. Jika anda sedang mengajar proses tahap demi tahap, anda bisa menampilkannya pada waktu itu, mempercepatnya memberikan sebuah tinjauan atau melambatkannya untuk menampilkan detail-detail yang spesifik. Merekam kinerja siswa bisa memberikan umpan balik kepada latihan. Para pemelajar bisa amengamati kinerja mereka sendiri dan juga menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
4.      Ranah kemampuan interpersonal  
Dengan melihat sebuah prgram video secara bersama-sama, beberapa kelompok pemelajar yang beragam bisa membangun kesamaan pengalaman sebagai katalis untuk diskusi. Ketika siswa sedang belajar kemampuan interpersonal, seperti penyelesaian konflik dan hubungan sesama siswa, mereka bisa mengamati orang dalam video untuk pertunjukkannya dan dianalis.

C.     Atribut-atribut khusus
1.      Rekayasa waktu
Video memungkinkan kita untuk meningkatkan atau mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengamati sebuah kejadian. Misalnya, butuh waktu yang lam auntuk para siswa mengamati sebuah jalan tol yang sedang dibangun, tetapi menyunting video dengan cermat dari berbagi kegiatan yang berbeda-beda yang turut serta dalam pembangunan jalan tol bisa menata ulang pentingnya kejadian tersebut dalam beberapa menit saja.
2.      Rekayasa tempatideo memungkinkan kita untuk melihat fenomena baik dalam makrokosmos maupu mikrokosmos yaitu, pada kisaran yang sangat dekat atau jarak yang sangat jauh. Televisi memungkinkan kita untukmengamati dua kejadian yang terjadi secara serentak tetapi yang terpisah bermil-mil jauhnya menggunakan layar terbelah.
3.      Animasi
Waktu dan tempat juga bisa direkayasa dengan animasi. Pada umumnya animasi dibuat dari serangkaian foto, gambar atau gambar komputer dari pemindahan-pemindahan kecil dari benda atau gambar. Dengan perkembangan peranti lunak komputer yang terus-menerus yang bisa merekayasa gambar visual, kita sudah menciptakan seni animasi melalui video. Urutan animasi yang dibuat komputer sekarang ini terus dan terus digunakan dalam program video pengajaran untuk menggambarkan proses yang kompleks atau cepat dalam bentuk yang disederhanakan.
4.      Memahami lonvensi video
Perangkat dan teknik yang digunakan dalam video untuk merekayasa waktu dan tempat menggunakan apa yang bagi sebagian besar dari kita menerimanaya sebagai konvensi. Kita mengerti bahwa dalam tanyangan video, seorang atlet yang lompatannya dihentikan di tengah-tengah udara sebenarnya tidak kaku di tempat, bahwa kilas balk bukanlah merupakan pembalikan darikesatuan normal waktu kita, bahwa sebenarnya bola lampu tidak pecah berhamburan dengan kecepatan lambat.

D.     Format video digital
Dengan video digital yang disimpan dalam DVD atau dikomputer, anda dan siswa bisa menyunting konten dan urutan dari gambar-gambar bergerak. Gambar video digital dapat direkayasa, disimpan dipulikasi, dikirimkan dari satu komputer ke komputer yang lainnya, dan diputar ulang tanpa mengurangi kualitasnya. Keuntungan dari video digital adalah bahwa penyuntingan bisadilakukan di komputer dengan menggunakan peranti lunak yang memudahkannya untuk merekayasa urutan gambar. Kualitas dari gambar tidak akan berkurang selama penyuntingan dan penyalinan. Video digital juga bisa ditonton pada berbagai kecepatan, yang memungkinkan para siswa untuk mempelajari gambar dari yang sangat lambat sampai yang sangat cepat.
1.      DVD
Sarana yang menawarkan penyimpanan digital dan pemutaran kembali video gambar bergerak. Cakram berukuran sama dengan sebuah CD audio tetapi bisa menampung cukup data. DVD menyediakan kualitas gambar dan suara unggulan dibandingkan video kaset standar.
2.      Video berbasis komputer
Para siswa dan guru bisa menyiapkan laporan video dan presentasi kelas di komputer. Menggunakan urutan video atau gambar dari material yang telah mereka rekam atau dari DVD, mereka bisa merekayasa gambar dan suara seperti mereka merekayasa teks menggunakan pengolahan kata.
3.      Video internet
Banyak situs web sekarang menawarkan penyiaran internet berbagai kejadian dan kegiatan, termasuk kejadian pemberitaan penting, kegiatan ilmiah dan presentasi budaya.
4.      Video terkompresi
Video terkompresi menghemat spasi data dengan merekam hanya bagian yang bergerak atau berubah dari setiap bingkai. Video terkompresi digunakan untuk memancarkan video melalui internet.
5.      Streaming video
Video juga bisa dipancarkan melalui internet menggunkan streaming video. Steraming artinya bahwa berkas tidak seluruhnya diunduh sebelum mulai diputar. Tetapi segera setelah pengguna mengklik pada tautan yang berisi video konten mulai diputar.

E.     Format Video Analog
Sebagian besar dari kita telah merekam program TV di kaset video untuk kemudian berulang atau melihat. Menyadari masalah hak cipta ketika program siaran rekaman untuk penggunaan pendidikan. Lihat "Masalah Hak Cipta: Video" pada halaman 320. Sisa-menggeser jadwal TV telah menjadi aktivitas utama di banyak rumah. (Lihat Gambar 11.5.)
Banyak sekolah dan pusat-pusat sumber daya masih memiliki perpustakaan program di semua bidang subjek yang tersimpan di kaset video. Banyak ruang kelas siap memiliki akses ke TV layar lebar dan VCR Hal ini juga umum untuk melihat ruang kelas yang dilengkapi dengan TV-langit-langit dipasang yang terhubung ke stasiun pusat yang akan memutar video yang diminta pada waktu yang ditentukan. Sistem-sistem yang sama digunakan bagi siswa untuk membuat dan menyajikan informasi pagi (berita) siaran yang didistribusikan sekolah-lebar.
F.      Keuntungan  
1. Bergerak
2. proses
3. Pengamatan yang bebas resiko
4. Dramatisasi
5. Pembelajaran keterampilan
6. Pembelajaran afektif
7. Penyelesaian masalah
8. Pemahaman budaya
9. Membentuk kebersamaan

G.    Keterbatasan
1.      Kecepatan tetap
2.      Orang-orang yang berbicara
3.      Fenomena yang diam
4.      Salah penafsiran
5.      Pelajaran abstrak dan nonvisual

H.    Integrasi
Kita sekarang mengajar pembuatan sebuah video, oleh karena itu video dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Guru hari ini harus benar mengintegrasikan video ke dalam pelajaran mereka.


I.       Pemilihan Video
1.      Mengevaluasi Video
Beberapa sekolah dan organisasi memiliki bentuk siap penilaian standar untuk digunakan. Beberapa diantaranya sangat terperinci, yang mencakup setiap faktor yang memungkinkan, yang lainnya biasa saja.   Sebuah formulir penilaian yang bagus sebaiknya cukup singkat dan tidak mengintimidasi tetapi cukup lengkap membantu individual memilih material yang mungkin bermanfaat untuk aplikasi saat ini dan masa mendatang.
2.      Video Sponsor
Video bersponsor memiliki material pengajaran yang bagus. Beberapa material yang diproduksi swasta mungkin terlalu menonjolkan diri sendiri atau berkaitan dengan produk yang tidak sesuai untuk situasi pengajaran, contohnya pembuatan minuman beralkohol atau rokok. Banyak materi bersponsor bisa menjadi pelengkap yang berharga bagi pengajaran didalam kelas.
J.      Memproduksi Video
Produksi video oleh siswa bisa meningkatkan belajar siswa. Membuat video membantu membangun kemampuan melek teknologi mereka. Minat siswa yang besar terhadap teknologi bisa memacu penelusuran aktif atas dunia mereka.para guru dapat membantu dalam proses perencanaan memproduksi video, seperti produksi seluruh media, perencanaan pra produksi
Videografi memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi setiap subyek kurikulum melalui proses aktif membuat video tentang hal itu. Selain ketrampilan produksi video, siswa belajar pemecahan masalah, penjadwalan, analisis, penelitian, perencanaan, imajinasi, dan keterampilan komunikasi-semua dunia nyata. Mereka menjadi pemikir yang lebih baik, komunikator yang lebih baik, dan pemecah masalah yang lebih baik. Siswa dapat berbagi produksi video dalam portofolio mereka dan dapat menunjukkan mereka kepada masyarakat, sekolah kelas,, atau di rumah.
Guru-atau video yang diproduksi siswa dapat digunakan untuk hampir semua tujuan yang dijelaskan sebelumnya. Kemampuan unik adalah untuk menangkap penglihatan dan suara untuk pemutaran segera. Aplikasi yang menguntungkan dari aspek lokal produksi video meliputi:

• Dramatisasi cerita mahasiswa, lagu, dan puisi
• Kegiatan yang diperkuat oleh umpan balik segera
•Praktek Atletik
• Pelatihan keterampilan
• Interpersonal teknik
• Mahasiswa dokumenter masalah sekolah atau lingkungan
• Pelestarian cerita rakyat lokal.
• Demonstrasi percobaan sains dan latihan keselamatan
• replay perjalanan lapangan untuk ikutan di kelasnya
• Karir informasi mengenai bisnis lokal
1.      Rekaman
2.    Mengedit/Penyuntingan
Penyuntingan video digital adalah sarana yang dengannya dipisah-pisah dan disatukan kembali menggunakan sebuah komputer dan peranti lunak. Dengan adanya perekam kameradigital kita tidakperlu lagi perekam kaset video. Setelah mengambil gambar video, anda bisa melihatna di monitor LCD yang terpasang di kamera. Bisa juga dihubungkan perekam kamera ke monitor televisi.
Dengan melakukan produksi sendiri video, Anda dapat menargetkan video Anda kepada audiens yang spesifik dengan konten yang spesifik. Produksi-produksi dapat dengan mudah dan mudah diupdate. Setelah peralatan (kamera, komputer, dan software) telah dibeli, produksi video dalam-rumah yang sangat murah. Software untuk di-rumah produksi meliputi iMovie Apple dan Avid Technology Cinema dan videoShop. Jenis perangkat lunak yang tersedia, murah (iMovie datang preloaded pada komputer Apple baru), dan mudah digunakan. Sangat anak-anak dapat belajar untuk menggunakan kamera perangkat lunak dan video dengan cepat. Ingat, Anda dan siswa Anda harus mengikuti hak cipta pedoman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar